Hukum Janin Mati dalam Kandungan

Dalam Matan Abi Syuja' disebutkan:

واثْنَانِ لا يُغسلان ولا يُصلي عليهما الشَّهِيدُ في مَعركة المشركين والسِّقْط الذي لَمْ يَسْتَهِلَّ صَارِخًا «متن أبي شجاع المسمى الغاية والتقريب»

Ada dua mayit yang tidak dimandikan dan tidak dishalatkan; yang pertama adalah mayit seorang syahid dalam pertempuran melawan orang-orang musyrik, kedua adalah bayi yang lahir keguguran yang tidak bersuara.

Makna (السِّقْط) adalah الولد النازل قبل تمامه, janin yang keluar sebelum sempurna (keguguran). 

Makna (يستهل صارخا) adalah tanda-tanda bayi tersebut hidup, seperti menangis, bergerak, dll.

Imam Ar-Romly (wafat: 1004 H) menyebutkan dalam Nihayatul Muhtaj,

Bayi lahir keguguran memiliki beberapa keadaan. Kesimpulannya adalah :

  • Jika tidak tampak berbentuk manusia, maka tidak wajib apa pun, tapi disunahkan untuk ditutup dengan kain lalu dikubur. 
  • Jika tampak bentuk manusia tapi tidak ada tanda kehidupan, maka wajib padanya kecuali shalat, itu tidak boleh sebagaimana sebelumnya. 
  • Jika tampak tanda kehidupan, maka diperlakukan seperti orang besar.

Nash lengkapnya:

أَنَّ لِلسَّقْطِ أَحْوَالًا حَاصِلُهَا أَنَّهُ إنْ لَمْ يَظْهَرْ فِيهِ خَلْقُ آدَمِيٍّ لَا يَجِبُ فِيهِ شَيْءٌ. نَعَمْ يُسَنُّ سَتْرُهُ بِخِرْقَةٍ وَدَفْنُهُ، وَإِنْ ظَهَرَ فِيهِ خِلْقَةٌ وَلَمْ تَظْهَرْ فِيهِ أَمَارَةُ الْحَيَاةِ وَجَبَ فِيهِ مَا سِوَى الصَّلَاةِ، أَمَّا هِيَ فَمُمْتَنِعَةٌ كَمَا مَرَّ فَإِنْ ظَهَرَ فِيهِ أَمَارَةُ الْحَيَاةِ فَكَالْكَبِيرِ «نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج» (2/ 496)

Sebelumnya juga beliau menjelaskan:

(وَإِنْ لَمْ تَظْهَرْ) أَمَارَةُ الْحَيَاةِ (وَلَمْ يَبْلُغْ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ) أَيْ مِائَةً وَعِشْرِينَ يَوْمًا حَدُّ نَفْخِ الرُّوحِ (لَمْ يُصَلِّ عَلَيْهِ) قَطْعًا لِعَدَمِ الْأَمَارَةِ (وَكَذَا إنْ بَلَغَهَا) أَيْ الْأَرْبَعَةَ الْأَشْهُرَ الَّتِي هِيَ مِائَةٌ وَعِشْرُونَ يَوْمًا لَا يُصَلَّى عَلَيْهِ وُجُوبًا وَلَا جَوَازًا (فِي الْأَظْهَرِ) لِعَدَمِ ظُهُورِ حَيَاتِهِ فَيَجِبُ غُسْلُهُ وَتَكْفِينُهُ وَدَفْنُهُ «نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج» (2/ 496)

Jika tidak tampak tanda kehidupan dan belum sampai umur janin 4 bulan (120 hari) setelah ditiupkan ruh, maka ia tidak dishalatkan secara pasti karena tidak ada tanda. Begitu juga jika sampai 4 bulan (120 hari), tidak dishalatkan, baik wajib atau boleh dalam pendapat yang lebih kuat, karena tidak tampak kehidupannya, maka wajib dimandikan, dikafani dan dikubur.

Imam Taqiyuddin Al-Hishni (wafat: 829) berkata,

Bayi Keguguran ada dua keadaan:

Keadaan Pertama: Jika bersuara dengan menangis, atau tidak menangis tetapi ia minum susu, melihat, bergerak gerakan yang besar yang menunjukkan ia hidup, kemudian bayi tersebut mati. Maka bayi ini dimandikan, dishalatkan, tanpa ada khilaf, karena kita yakin ia hidup. Di dalam hadits “Jika bayi bersuara, ia mendapatkan warisan dan dishalatkan”. 

Keadaan Kedua: Tidak diyakini bayi tersebut hidup, tidak menangis, tidak melihat, tidak minum, atau lainnya. Maka diperhatikan, 

  • Jika tidak ada tanda kehidupan seperti bergerak atau lainnya, apabila belum sampai umur peniupan ruh (4 bulan lebih), maka tidak dishalatkan tanpa khilaf dan tidak dimandikan.
  • Jika janin berumur lebih dari 4 bulan, maka ada dua pendapat, yang lebih kuat (al-azhar) adalah tidak dishalatkan tetapi dimandikan. 
  • Adapun jika bergerak, ia dishalatkan dan dimandikan. 
  • Jika janin tidak berbentuk manusia, maka cukup menguburnya dengan cara apa pun.

Nash lengkapnya:

وَأما السقط حالتان: 

الأولى أَن يستهل أَي يرفع صَوته بالبكاء أَو لم يستهل وَلَكِن شرب اللَّبن أَو نظر أَو تحرّك حَرَكَة كَبِيرَة تدل على الْحَيَاة ثمَّ مَاتَ فَإِنَّهُ يغسل وَيصلى عَلَيْهِ بِلَا خلاف لأَنا تَيَقنا حَيَاته وَفِي الحَدِيث (إِذا اسْتهلّ الصَّبِي ورث وَصلى عَلَيْهِ) 

الْحَالة الثَّانِيَة أَن لَا يتَيَقَّن حَيَاته بِأَن لَا يستهل وَلَا ينظر وَلَا يمتص وَنَحْوه فَينْظر إِن عرى عَن أَمارَة الْحَيَاة كالاختلاج وَنَحْوه فَينْظر أَيْضا إِن لم يبلغ حدا ينْفخ فِيهِ الرّوح وَهُوَ أَرْبَعَة أشهر فَصَاعِدا لم يصل عَلَيْهِ بِلَا خلاف فِي الرَّوْضَة وَلَا يغسل على الْمَذْهَب لِأَن الْغسْل أخف من الصَّلَاة وَلِهَذَا يغسل الذِّمِّيّ وَلَا يصلى عَلَيْهِ وَإِن بلغ أَرْبَعَة أشهر فَقَوْلَانِ الْأَظْهر أَنه أَيْضا لَا يصلى عَلَيْهِ لَكِن يغسل على الْمَذْهَب وَأما إِذا اختلج أَو تحرّك فيصلى عَلَيْهِ على الْأَظْهر وَيغسل على الْمَذْهَب وَاعْلَم أَن مَا لم تظهر فِيهِ خلقَة آدَمِيّ يَكْفِي فِيهِ المواراة كَيفَ كَانَ وَبعد ظُهُور خلقَة الْآدَمِيّ حكم التَّكْفِين حكم الْغسْل «كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار» (ص160)

Imam Nawawi (wafat: 676) mengatakan

وَقَالَ الْعَبْدَرِيُّ إنْ كَانَ لَهُ ‌دُونَ ‌أَرْبَعَةِ ‌أَشْهُرٍ لَمْ يُصَلَّ عَلَيْهِ بِلَا خِلَافٍ يَعْنِي بِالْإِجْمَاعِ وَإِنْ كَانَ لَهُ أَرْبَعَةُ أَشْهُرٍ وَلَمْ يَتَحَرَّكْ لَمْ يُصَلَّ عَلَيْهِ عِنْدَ جُمْهُورِ الْعُلَمَاءِ وَقَالَ أَحْمَدُ وَدَاوُد رَحِمَهُمَا الله يصلى عليه» «المجموع شرح المهذب» (5/ 258)

Al-Abdari berkata, jika berumur di bawah empat bulan, tidak dishalatkan tanpa khilaf. Jika berumur di atas 4 bulan tapi tidak bergerak, maka tidak dishalatkan menurut pendapat Jumhur Ulama. Imam Ahmad dan Daud ra. mengatakan, dishalatkan.

#terjemah sedikit diringkas #fiqih-syafii



guru ngaji & bahasa arab